Menyetir Saat Hujan, Boros BBM Kah?

Sumber gambar: gritodo.com

Terdapat banyak perdebatan mengenai waktu yang tepat ketika mengendarai mobil, baik cuaca panas maupun dingin. Faktanya, berkendara ketika hujan cenderung lebih membakar bahan bakar sebanyak 20% lebih banyak. Semakin lebat dan semakin dingin hujan yang terjadi, maka pembakaran bahan bakar juga akan meningkat.

Dilansir dari laman resmi Solopos.com dan Detik, terdapat tiga hal utama yang mempengaruhi terjadinya peristiwa tersebut.

  • Pertama, suhu dingin. Dalam melakukan pembakaran yang optimal, mobil membutuhkan kombinasi dan juga suhu yang ideal.
  • Kedua, cengkraman ban yang menurun saat hujan. Menurunnya cengkraman saat hujan dapat mengakibatkan terjadinya selip saat berkendara. Peristiwa selip ini membuat bensin lebih boros.
  • Ketiga, kecepatan terlalu rendah. Ketika berkendara saat hujan, pengendara cenderung melambatkan mobil untuk berkendara lebih aman. Hal ini tentunya mempengaruhi pembakaran bahan bakar secara lebih banyak dibandingkan biasanya.

Di Lain sisi, memanaskan mobil sebelum berkendara merupakan hal yang penting ketika berkendara saat hujan. Suhu mobil akan panas dan pembakaran bahan bakar akan lebih optimal. Menyalakan AC saat berkendara pada kondisi hujan juga disarankan. Walaupun cenderung lebih membakar bahan bakar lebih banyak, AC dapat membantu menyeimbangkan suhu mobil di kondisi cuaca yang dingin. Mobil akan tidak berembun dan pengendara juga akan berkendara dengan lebih aman. (Oleh: Mahardhika Wida Putra)

Sumber:

  • https://www.solopos.com/tips-otomotif-kendaraan-boros-bbm-saat-hujan-ini-penyebabnya-674174
  • https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-5233676/ini-pentingnya-menyalakan-ac-mobil-saat-hujan
  • https://otomotif.kompas.com/read/2014/02/12/1048243/Berkendara.dalam.Cuaca.Dingin.Lebih.Boros.BBM
0 Comments

Tinggalkan Balasan