Minggu Hijau 10

Rencanakan perjalanan sebelum mengemudi. Kemacetan adalah hal yang sangat dihindari oleh pengemudi mobil. Terjebak dalam kemacetan panjang bisa dipastikan merugikan pengguna jalan raya. Hal merugikan yang muncul dari kemacetan adalah terbuangnya bahan bakar karena mobil tidak bergerak, hilangnya waktu yang berharga, serta ancaman menimbulkan stress dan emosi.

Melihat pada dampak buruk di atas, maka memilih jalur lancar adalah jalan keluarnya. Informasi mengenai kondisi lalu lintas dapat kita peroleh dari berbagai sumber. Seperti misalnya radio, televisi, maupun media sosial. Selain pilihan media tersebut, saat ini kita dapat memperoleh informasi lalu lintas melalui Global Positioning System (GPS). Layanan GPS ini dapat digunakan baik menggunakan piranti GPS yang bisa dipasang di mobil. Maupun melalui aplikasi GPS yang sudah tersedia di gawai pintar.

Mencari dan menganalisa informasi mengenai kondisi jalan yang akan kita lalui adalah langkah bijak dalam melakukan ecodriving. Manfaat dari ecodriving akan tidak terlihat bila mobil yang kita kemudikan terjebak dalam kemacetan.

Manfaat ecodriving hanya dapat dicapai bila kondisi jalan yang kita lalui lancar. Dalam keadaan arus lalu lintas yang lancar, mobil dapat dipacu pada kecepatan stabil. Rencanakan perjalan dengan bijak agar penggunaan bahan bakar efisien dan emisi gas buang ke lingkungan semakin rendah.

 

 

 
0 Comments

Tinggalkan Balasan